Penyebab semangat ngeblog menurun


Menjadi seorang blogger yang sukses tidaklah mudah, banyak waktu dan tenaga yang harus dikorbankan demi menulis sebuah artikel/konten yang berkualitas. tidak sedikit yang menyerah dan gagal untuk meraih kesuksesaan itu. 

Bila anda ingin meraih kesuksesaan dalam dunia blogging maka anda harus berusaha dan berjuang semaksimal mungkin untuk mendapatkan kesuksesaan itu.

Semuanya membutuhkan proses belajar, keseriusan dan konsistensi tanpa itu semua maka usaha anda akan sia-sia.
mereka yang telah berhasil di dunia blogging tentu tidak mendapatkan secara instan, butuh proses yang panjang hingga semua kesuksesaan itu terwujud.


Saya sering melihat keberhasilan orang dalam dunia blogging yang mendapatkan banyak penghasilan, pengemar setia, teman sharing dan ilmu yang bermanfaat.

Jujur saja saya sedikit iri melihatnya mereka yang sudah mencapai kesuksesaan dalam dunia blogging. Saya terkadang bertanya kepada diri saya.

Kenapa saya hanya bisa menonton keberhasilan dan kesuksesaan orang lain, kenapa bukan saya???  mungkin jawaban yang cocok adalah.....

MAN JADDA WAJADA
 ''Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil"

Nah, saya sering tidak bersungguh-sungguh dan konsisten dalam mengolah blog saya, ada banyak faktor yang menyebabkan saya sampai saat ini belum berhasil dalam mengolah blog ini.

Salah satunya semangat ngeblog yang menurun bahkan hampir ingin berhenti, mungkin kalian juga merasakannya bahkan seluruh blogger pasti pernah mengalami semangat ngeblog menurun.

Untuk itu saya akan membahas apa saja yang menyebabkan semangat ngeblog itu menurun. Marilah kita kenali agar kita dapat mengatasi bila terjadi pada anda.

Berikut faktor-faktor yang menyebabkan semangat ngeblog menurun.

1. Rasa malas 
Pada dasarnya rasa malas ngblog merupakan hal yang wajar, setiap orang pasti memilikinya apalagi seorang blogger tentu tidak luput dari rasa malas. biasanya rasa malas itu timbul karna adanya kebosanan, tidak adanya tujuan dan suka menunda-nunda suatu perkerjaan.

Bila rasa malas itu berkepanjangan dan berlarut-larut tentu akan merugikan anda sendiri maupun orang di sekirtar anda. hal ini akan membuat anda sulit untuk bangkit dan memulai lagi, karna tanpa anda sadari anda sudah menikmati rasa malas itu.

Ketika rasa malas anda menguasai maka segeralah kembali untuk mulai menulis di blog anda. setidaknya bila anda emang betul-betul malas menulis, cobalah membaca hal-hal yang membuat anda termotivasi ingin menulis.

Diri anda tentu anda yang lebih tahu sadarilah jika anda terkena penyakit malas ini jangan terlalu terlena dengan kemalasan itu.

2. Tidak konsisten
Banyak orang sukses di dunia ini karena mempunyai target dan komitmen, mungkin saja semangat ngeblog anda menurun dikarenakan anda tidak bisa konsisten dalam ngeblog.

Anda tidak mempunyai target dan komitmen. mungkin ini salah satu semangat ngeblog anda menurun. ada cara agar anda selalu konsisten dalam ngeblog yaitu.

Buatlah daftar target yang ingin anda capai dalam seminggu kedepan. misalnya membuat 4/3 artikel dalam seminggu dan publikasikan setiap 2 hari sekali dengan terjadwal mungkin anda dapat konsisten. atau bisa juga sehari update dan sehari libur. Nah lakukanlah tanpa rasa beban tentu hal ini akan membuat anda lebih konsisten dan semangat dalam ngblog.

3. Ide tidak muncul/ kehabisan ide.
Salah satu semangat ngeblog akan menurun yaitu kehabisan ide atau ide emang gak ada sama sekali dan anda tidak tau akan menulis apa lagi. mungkin anda butuh istirahat dan liburan sejenak untuk mencari nuansa baru.

Sebenarnya Saya tidak percaya bahwa seorang blogger itu bisa kehabisan ide kecuali kalo emang niche blog mereka emang sempit itu mungkin saja terjadi. bila ini terjadi dengan anda cobalah baca artikel anda yang sebelum sebelumnya pasti banyak terdapat ide disana. cobalah dikembangkan ide tersebut.

4. Jumlah pengunjung turun.
Tidak dapat di pungkiri yang membuat kita tidak bersemangat dalam ngeblog adalah traffic blog yang menurun dan tidak adanya komentar dari pembaca. walaupun sudah banyak postingan tetapi pengunjung tidak kunjung naik hal ini tentu akan membuat semangat ngeblog bisa hilang.
biasanya pengunjung turun karna artikel kurang menarik atau kurangnya mempromosi artikel di media sosial.

5. Sibuk dan banyak perkerjaan.
Kesibukkan di dunia nyata akan membuat seorang blogger tidak mempunyai waktu buat ngeblog. ditambah banyaknya tugas perkerjaaan yang menumpuk akan membuat malas untuk kembali ngeblog. aturlah waktu ngeblog anda sebaik mungkin agar anda bisa dapat bersemangat kembali dalam ngeblog.

6. Di tolak google adsense.
Hal yang membuat anda tidak bersemangat lagi yaitu karna cinta anda di tolak google adsense berkali-kali. hal ini akan membuat anda menjadi patah semangat, mungkin tidak hanya anda, semua blogger pernah merasakan patah semangat karna tidak diterima google adsense.
Hal ini karna tujuan anda sudah salah yaitu mendapatkan penghasilan dari blog, ketika tidak diterima oleh google adsense maka anda akan gampang menyerah dan tidak bersemangat lagi, maka itu jadikanlah ngeblog sebagai hobbi.
Ingatlah penghasilan bukanlah tujuan utama dari ngeblog.

7. Belum mendapatkan penghasilan dari ngeblog.
Jika tujuan utama anda ngeblog untuk mencari penghasilan hal ini akan membutuhkan waktu yang lama. biasanya ada yang sampai setahun baru dapat penghasilan bahkan sampai bertahun-tahun, tapi ada juga sih yang baru 6 bulan udah dapat penghasilan tapi semua itu pasti butuh kerja keras.

jika ngeblog tidak kunjung menghasilkan uang. tentu anda akan merasa tidak bersemangat lagi dalam ngeblog anda pasti akan kecewa. yah itu adalah hal yang  wajar, pasti anda akan berpikir ngeblog hanya membuang-buang waktu saja. tapi ada satu hal yang harus anda ingat  tidak ada yang instan di dunia ini, semua tentu butuh proses.
Janganlah patah semangat karna blog anda belum menghasilkan teruslah berusaha hingga kesuksesaan itu anda dapatkan.

Sekian dulu  dari saya,
Jangan lupa di share dan di comment ya.
Saya sangat berterimakasih bila anda meninggalkan jejak, saran atau komentar.
Terimakasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.


Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
July 20, 2017 at 7:08 PM delete

memang setiap blogger pasti pernah merasakan turunnya semangat ngeblog karena berbagai alasan seperti diatas ya mas,

dan kebanyakan karena blognya gagal menghasilkan

Reply
avatar
July 23, 2017 at 9:58 AM delete

Nyambungin tema blog dengan hobi adalah salah satu cara terbaik supaya ngeblog tetep asik dan gak ngebosenin, kalo nulis postingan karena ngejar 'pasar' pasti bakal cepet jenuh hehe

Reply
avatar
August 30, 2017 at 7:14 PM delete

saya sendiri malas nya sering datang, ya kadang jenuh juga tapi tetap harus dijalankan. Bandel aj sama rasa malas entar juga lama lama ilang

Reply
avatar
September 4, 2017 at 7:21 PM delete

betul juga mas, saya awalnya hanya mengejar adsense tapi lama kelamaan mulai jenuh karna kita menulis untuk mesin bukan untuk pembaca.

Reply
avatar
September 21, 2017 at 7:37 PM delete

penyebab saya sering kehabisan kuota kalau ide banyak waktu juga banyak

Reply
avatar
September 23, 2017 at 11:38 AM delete

segala perkerjaan yang dikerjakan terus-menerus pasti akan terasa jenuh dan timbul rasa malas. mungkin sekali2 mas butuh refreshing.

Reply
avatar
September 23, 2017 at 11:40 AM delete

ganti pakai indi home mas biar gak kehabisan kouta.

Reply
avatar
September 23, 2017 at 11:43 AM delete

betul mas, saya juga begitu. tapi asalkan punya prinsip pasti bisa menghasilkan. Tidak akan ada hasil kalo tidak ada usaha.

Reply
avatar