Menulis itu adalah membaca

Source image : Pixibay

Tulis menulis sudah merupakan hal yang biasa yang sering kita lakukan di sekolah, kantor, blogger maupun smartphone. Menulis sama saja  menuangan segala macam ide yang ada dipikiran keatas kertas. Tidak semua orang dapat menulis dengan baik dan benar termasuk saya sendiri yang masih belajar dalam dunia penulisan/literasi.

Banyak yang tidak menyadari bahwa menulis itu perkejaan yang sangat mulia. apakah Anda setuju tentang pernyataan saya ini ??? mungkin iya, mungkin saja tidak.

Bagi saya..., Menulis itu menyenangkan....,  Menulis adalah belajar ....., Daaannn.....   Menulis adalah berbagi pengalaman.

menulis itu harus mempunyai pengetahuan, baik itu pengetahuan dasar maupun pengetahuan umum agar para pembaca dapat memahami tulisan anda secara mudah.

Saya bilang tadi menulis itu sangat mulia karna dengan menulis saya dapat memberikan suatu yang saya ketahui kepada para pembaca. Banyangkan saja kalo tidak ada yang menulis, tentu anda tidak akan pernah tahu apa saja yang terjadi pada masa lalu karna lewat tulisan-tulisan penulis hebat anda dapat mengetahui sejarah, agama, dan teknologi. berikan applause buat para penulis prok... proook... prrook...

Perkembangan dunia tulis menulis cukup baik yang dulu hanya menggunakan pena dan kertas kini bisa menggunakan media elektronik untuk menulis. Perkembangan ini sangat membantu dalam dunia tulis menulis dan juga mengurangi penggunaan kertas.

Penulis yang baik itu adalah penulis yang mampu memberikan suatu tulisan yang bermanfaat bagi para pembaca, tidak hanya menuangkan ide semata tetapi ada perasaan yang ikut serta didalam tulisan tersebut sehingga para pembaca dapat merasakan apa yang dirasakan penulis. contohnya seperti penulis novel.

Karna itu, perkerjaan penulis tidak bisa dipandang sebelah mata, banyak penulis yang dapat memotivasi kehidupan banyak orang contohnya saja seperti penulis Andrea hirata yang banyak menghasilkan karya-karya tulisan yang keren dan menginspirasi. Salah satu karyanya adalah novel laskar pelangi yang kini telah diadaptasi menjadi sebuah film.

Menjadi seorang penulis yang hebat harus membiasakan diri membaca banyak buku, kalo anda tidak suka membaca, maka akan sulit untuk menjadi seorang penulis yang hebat. karna  seorang penulis hebat pasti banyak membaca buku. ini salah satu persyaratan yang multlak, karna membaca mampu menambah kosakata, imajinasi dan pengetahuan seorang penulis.

saya akan memberikan sebuah contoh kenapa membaca merupakan syarat multlak untuk menulis. semisalnya saja anda ingin menulis sebuah cerita tentang sejarah "kenapa terjadinya perang dunia ke dua" akan tetapi anda tidak pernah mendengar dan membaca buku yang berkaitan dengan sejarah tersebut. Apakah mungkin anda dapat menulis tentang sejarah tersebut.

mungkin saja anda dapat menulis tentang pengalaman yang anda miliki namun kosakata dan tatabahasa yang anda miliki hanya sedikit, hal ini akan membuat anda kesulitan dalam menulis dan tulisan anda pasti akan terasa monoton dan tidak berkembang. maka dari itu banyak penulis mengatakan "Menulis itu adalah membaca."

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
- Pramoedya Ananta Toer
Artikel lain : Cara membuat blogger dengan mudah

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

2 komentar

komentar