Tips memulai bisnis dengan perencanaan yang matang



Anda ingin berbisnis tapi masih bingung untuk memulai bisnis dari mana? Modal yang minim membuat anda ragu ingin membuka bisnis, takut akan kegagalan dan kebangkrutan selalu membayang-bayangi pikiran anda.
Tenang… tenang… tenang…, Pemikiran – pemikiran seperti itu merupakan hal yang wajar bagi anda yang baru ingin memulai bisnis. Sebelum memulai bisnis sudah seharusnya anda terlebih dahulu harus memperbaiki pola pikir anda dan selalu berpikir positif agar selalu bersikap optimis.
Jujur saja saya katakan, berbisnis itu tidak mudah, berbisnis itu sulit, berbisnis itu kejam dan berbisnis itu butuh perjuangan dan kerja keras. Jadi kalo ada seorang yang mengatakan berbisnis itu mudah itu hanya omong kosong doang.
Orang yang mengatakan berbisnis itu mudah mungkin saja bukan pebisnis akan tetapi adalah seorang pedagang yang hanya menjual produk orang lain.
Nah… Kegagalan maupun kesuksesaan dalam melakukan bisnis adalah suatu proses pembelajaran dalam hidup. Bukan seberapa seringnya anda gagal, tetapi seberapa berusaha dan bangkitnya anda dari kegagalan itu lah yang penting. Sehingga anda mampu matang dalam berpikir, dewasa dalam bertindak, dan tepat dalam mengambil keputusan.
Karna dari itu, anda harus memulai bisnis dengan perencanaan yang matang agar dapat mengantisipasi kegagalan-kegagalan yang akan kemungkinan terjadi.
Bagi anda yang baru mulai merintis tidak perlu takut untuk memulai berbisnis. kali ini saya akan membagikan beberapa tips memulai bisnis dengan perencanaan yang matang yang wajib anda ketahui dan pelajari agar mampu bersaing dengan kompetitor bisnis anda. Saya yakin bila anda mengikuti tips -tips yang saya berikan ini. Anda akan dapat mencapai kesuksesaan dalam berbisnis. (Insya Allah)
Pertama, Rencanakan bisnis yang akan dimulai, Perencanaan merupakan salah satu faktor penting dalam memulai bisnis, tanpa adanya perencanaan pasti nantinya akan kebinggungan dalam menentukan langkah-langkah yang akan anda lakukan kedepannya. memulai bisnis tentu membutuhkan rencana-rencana yang kreatif, inovatif, dan matang.
Rencana yang matang itu bisa dikatakan rencana yang memikirkan segala aspek kemungkinan yang akan dihadapi ketika memulai bisnis dalam situasi baik maupun buruk sehingga dapat mengambil tindakan secara cepat dan tepat.
Untuk merencanakan bisnis yang akan di mulai coba liat di sekitar anda terlebih dahulu bisnis apa yang berpeluang besar dan dapat untuk dikembangkan. Jangan hanya asal memulai bisnis saja. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu dengan beberapa pertanyaan yaitu 5W 1H.
Misalnya anda berada di daerah dengan suhu yang panas sehingga didaerah tersebut disetiap rumah membutuhkan pendingin ruangan. bisnis yang tepat dan sangat berpeluang untuk kasus diatas adalah bisnis kipas angin, AC dan lain sebagainya.
Kedua, Mulailah bisnis dengan hal yang ada sukai, Anda tidak perlu pusing menentukan produk apa yang anda ingin jual dan kembangkan. Mulailah dengan hobi yang ada sukai atau passion anda. Biasanya ketika orang menyukai suatu perkerjaan seperti hobi maka sudah pasti akan melakukan dengan sepenuh hati dan semangat. Begitu banyak hobi yang bisa menghasilkan bisnis seperti berbisnis jersey, traveling, fotografi dan lain sebagainya.
Kalo pribahasa mengatakan “Sambil menyelam minum air”.
Ketiga, Mulailah bisnis dengan kelebihan yang anda punya, Setiap manusia  sudah pasti mempunyai kelebihan. Cobalah cari tahulah kelebihan yang anda miliki misalnya anda berbakat dalam bidang mengolah makanan. Manfaatkanlah kelebihan yang ada miliki itu untuk memulai bisnis mengolah makanan. Di zaman sekarang bisnis mengolah makanan sangat berpeluang besar untuk digeluti. Banyak para pencinta kuliner mencari makanan khas daerah- daerah yang sudah sangat populer.
Memulai bisnis dengan perencanaan yang matang harus memikirkan dari segala aspek tunjukkan bahwa konsep bisnis anda adalah yang terbaik dari kompetitor. Jangan pernah melakukan kecurang-curangan dalam melakukan bisnis karna itu akan menghancurkan anda dimasa yang akan datang. belajarlah dari kegagalan yang anda alami dan teruslah berusaha.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »