Ingin Mulai Bisnis Sendiri? Coba Bisnis Online Tanpa Modal Yang Untung Banget


Buang jauh-jauh pikiran kalau bisnis harus pakai modal. Dahulu mungkin demikian, namun kini banyak cara untuk bisa bisnis online tanpa modal. Cukup menggunakan perangkat seperti laptop dan Wifi, siapapun dapat mendulang pundi-pundi bila cermat mengerjakan bisnis yang sesuai skill dan minat.

Mudah kok Mulai Bisnis Online Tanpa Modal

Karyawan kantoran atau Pegawai negeri punya gaji, jadwal kerja dan deskripsi kerja yang jelas. Bahkan sebelum bekerja biasanya ada kontrak kerja yang secara detail membahas hal tersebut. Namun, bila anda tidak bisa meluangkan 9 jam perhari untuk berja pada orang lain. Menjalani usaha secara online bisa jadi pilihan. Karena setiap kegiatan bila dianggap sebagai usaha untuk menggantikan pekerjaan kantoran pasti bisa berhasil. Berikut beberapa contoh usaha online yang bisa dilakukan tanpa modal sekalipun.

1.Dropshipper
Trend menjadi reseller sudah booming dari tahun 2010. Karena usaha ini sangat menjanjikan dan tidak butuh banyak persiapan. Pada intinya anda menjualkan barang orang lain. Sedangkan barang, materi iklan, foto, bahkan pengiriman dilakukan sepenuhnya oleh pihak supplier. Anda cukup harus rajin beriklan dan buka toko dimana-mana. Plafon untuk dijadikan toko dropshipper bisa menggunakan Facebook, Instagram, Tokopedia atau Bukalapak.
Ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan dimana penghasilan anda bersih cukup dari komisi atau harga yang dilebihkan dari supplier. Jadi, cukup duduk manis depan komputer dan melempar order ke supplier. Tidak banyak yang perlu dilakukan, karena semua ditangani oleh pihak lain, anda bagai pelayan di restoran yang cukup mencatat pesanan pelanggan.

2.Freelancer
Kini jamannya pekerja paruh waktu atau orang yang hanya dibayar per project. Kalau dimasa lalu menjadi pekerja tetap adalah impian, kini bekerja hanya sesekali menjadi dambaan banyak orang. Di era digital kini, orang bisa dibayar dengan cepat hanya untuk kebutuhan tertentu saja. Dan semakin banyak orang yang berminat bekerja secara mandiri dan memiliki kebebasan waktu.
Menjadi freelance yang menawarkan skillnya menjadi pilihan menarik untuk orang yang sudah punya pekerjaan utama, belum selesai kuliah atau ibu rumah tangga. Skill apa saja yang bisa dijadikan freelance? Dari pembuat logo design, pengisi suara, pembuat aplikasi hp, penguji game sampai jasa sebar brosur. Lihat berbagai website yang mencari dan menawarkan jasa freelance yang kini mudah ditemukan dengan cukup browsing saja.

3.Blogger
Punya blog yang membahas tentang hobi anda? Itu juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menguntungkan loh. Pasti sangat menyenangkan untuk melakukan sesuaitu yang anda sukai, terus dibayar lagi. Banyak sekali peluang penghasilan dari seorang blogger. Tentu yang paling penting adalah punya blog terlebih dahulu yang aktif posting dan memiliki follower yang memadai.
Blog anda bisa dipasang iklan, menulis feature produk atas jasa, atau bahkan berpartner dengan produk yang sesuai dengan niche blog anda. Asalkan anda cukup sering menulis dan berinteraksi dengan blogger lainnya atau pembaca yang meninggalkan komentar, peluang penghasilan akan datang sendiri.

Baca juga : Bisnis online terlaris tanpa modal

4.Writer
Kini menjadi penulis tidak harus bikin buku saja. Ada banyak peluang usaha yang bisa seseorang lakukan dengan menulis. Dengan berbekal komputer atau desktop saja, setiap orang bisa menjadi penulis, bahkan kala anda tidak merasa cukup percaya diri sekalipun.
Karena penulis sekarang bisa menangani tulisan yang panjang seperti artikel untuk website, pengerjaan company profile sampai menulis review produk atau bahkan deskripsi singkat produk di tokopedia, lazada atau instagram. Istilah seorang penulispun semakin variatif. Ada content writer, ghost writer,  travel writer, food writer, copywriter, academic writer, transcripter, dan banyak lagi.

5. Penterjemah
Punya keahlian bahasa tertentu? Menjadi penterjemah kini menjadi sebuah skill yang sangat diminati. Baik untuk menterjemahkan dokumen, video bahkan posting sosial media. Ada banyak peluang bisnis online tanpa modal, cukup mengandalkan kemampuan berbahasa saja.

6. Social Media Admin
Merasa tidak punya skill apapun? Seseorang yang tidak jago bahasa, tidak sekolah tinggi dan memiliki keterbatasan fisikpun bisa melakukan hal ini. Kini banyak toko online atau pengusaha yang memerlukan bantuan orang untuk menangani berbagai social media yang mereka punya. Seorang admin cukup sering-sering buka sosmed dan merespon setiap komentar atau pesanan. Mudah dan tanpa modal kan?

7. E-commerce
Penjual kini hampir tidak perlu modal untuk memulai. Anda tidak perlu memiliki toko, buat banner atau flayer atau bahkan punya produk dahulu. Cukup gelar lapak di berbagai platfon penjualan seperti bukalapak, tokopedia, dan lazada dan gunakan fitur mereka yang sudah sangat canggih dan mudah digunakan. Anda bahkan bisa berjualan sampai ke manca negara dengan sanagt mudahnya.

8. Reviewer/Surveyer
Data menjadi hal penting di era digital. Jadi banyak sekali perusahaan membutuhkan jasa orang untuk melakukan serangkaian survey sebagai pengujian produk yang belum diluncurkan atau mengevaluasi hasil sebuah penjualan. Anda cukup mengisi formulir, nonton film, mencoba produk atau mendengarkan potongan iklan dan dibayar juga. Gampang banget kan.
Walau terlihat mudah bisnis online tanpa modal butuh kegigihan dan disiplin. Memiliki waktu tertentu didepan laptop juga merupakan pekerjaan, walau terlihat santai. Yang enaknya, walaupun anda gagal, kerugian yang dihadapi tidak berbentuk uang dan bahkan jadi pengalaman untuk membuat usaha yang lebih sukses lagi.

Baca artikel lain : 7 bisnis online yang terpopuler dan ngehit

Seperti berbagai usaha online diatas yang mengharuskan orang sangat hati-hati dalam menentukan niche atau bidang usaha mereka. Bila ingin dikenal sebagai penjual baju, traveler atau ahli makanan,  maka hanya membahas hal tersebut saja. Kemudian berpartnerlah dengan berbagai pihak yang sesuai dengan brand kita itu. Tentu saja pencitraan butuh waktu lama untuk dibangun, namun dengan berjalannya waktu akan lebih banyak bisnis apapun yang dilakukan, akan membuahkan hasil

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »