8 Tips Menjadi Seorang Affiliate Marketer Sukses!


Deskripsi: Tips menjadi seorang affiliate marketer itu apa saja? Bagaimana cara mulai jadi Affiliate Marketer? Untuk lebih jelasnya. Cermati beberapa tips di bawah ini!
Tips Menjadi Seorang Affiliate Marketer – Dunia digital yang semakin maju membuka peluang-peluang baru cara mendapatkan uang dari internet tanpa mengeluarkan modal terlalu besar. Seperti halnya sebagai seorang affiliate marketer yang lekat kaitannya dengan blogger dan content creator.
Profesi Affiliate Marketer adalah seseorang yang membantu penjualan sebuah perusahaan atau brand dan jika berhasil menjual produk atau layanan akan mendapatkan komisi.
Jika Anda tertarik menjadi Affiliate Marketer. Simak 8 tips di bawah ini sampai selesai untuk Anda yang ingin memulainya!

1. Daftarkan Diri Sebagai Affiliate Marketer

Langkah pertama Anda menjadi seorang marketing afiliasi tentunya dengan mendaftarkan diri. Sekarang sudah banyak penyedia program affiliate atau afiliasi yang memudahkan Anda menjadi affiliate marketer. 
Terutama e-commerce seperti Shopee, BukaLapak, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Ada juga perusahaan hosting, perusahaan traveling, OTT (Over The Top), dan banyak lainnya.
Jangan asal daftar. Tentukan perusahaan mana yang ingin Anda pasarkan dengan cara melakukan riset. Lalu baca aturan, syarat, hingga ketentuan pembagian komisi. Setelah yakin dengan pilihan Anda, lalu daftarkan diri Anda. Tak butuh waktu lama. 
Ikuti langkah-langkahnya di website penyedia affiliate hingga Anda mendapatkan kode referral, maka selamat Anda telah memulai menjadi Affiliate Marketer.

2. Memilih Media Promosi

Mendaftar jadi affiliate marketer memang mudah. Tapi, itu baru permulaan. Anda tidak bisa berhenti disitu saja. Kini Anda harus memilih platform untuk memasarkan produk atau jasa yang ingin Anda promosikan.
Ada macam-macam pilihan media promosi yang bisa Anda pakai. Seperti sosial media Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, atau yang baru-baru ini naik daun yaitu Tik-Tok.
Selain itu, Anda juga dapat mempromosikannya lewat blog atau website. Semua media tersebut bisa Anda manfaatkan dengan memperhatikan permintaan dari perusahaan afiliasi.
tentukan media yang akan anda jadikan media promosi jika sudah sebarkan link refferal yang anda dapatkan, cobalah gunakan copywriting yang semenarik mungkin sehingga orang tertarik dengan produk anda. 

3. Fokus Satu Niche

Memasang target banyak niche memang menggiurkan. Akan tetapi, jika Anda ingin mengembangkan blog atau website pemasaran afiliasi yang sukses, alangkah lebih baik fokus satu topik dahulu. 
Anda dapat membuat blog lain untuk mempromosikan produk afiliasi lain, tetapi jika terlalu banyak akan merusak konsentrasi Anda.
Ambil satu topik spesifik yang Anda kuasai dan ramai diperbincangkan. Contohnya, topik tentang “Film”, kategorinya masih luas. Cobalah cari yang lebih spesifik, seperti “Film Korea”.
Fokus pada satu niche yang Anda sukai dapat membuat pembaca percaya bahwa Anda ahlinya di bidang tersebut. Review dan konten Anda pasti ditunggu-tunggu.

4. Komunikasi dengan Pengunjung

Seorang affiliate marketer sukses itu yang berkomunikasi dengan pengunjung mereka. Buka kolom komentar blog atau sosial media Anda untuk mengizinkan mereka berbicara dengan Anda.
Balas tiap pesan yang mereka tinggalkan untuk memulai percakapan. Jawab pertanyaan dengan baik. Berikan pertanyaan juga untuk mendorong interaksi. Jangan lupa beri ‘like’ pada komentar mereka. 
Semakin banyak pengunjung datang, semakin sering mereka kembali, dapat meningkatkan engagement dan traffic Anda.
hal ini tentu dapat menjalin hubungan yang baik antara pengunjung dengan seorang affiliate dan dapat menumbuhkan rasa percaya pengunjung terhadap produk yang anda tawarkan. 

5. Membuat Konten yang Kreatif dan Variatif

Menjadi affiliate marketer tanpa konten yang kreatif dan variatif, produk afiliasi yang kamu tawarkan sulit terjual. Konten merupakan pintu gerbang produk atau layanan yang Anda promosikan menjangkau audiens.
Usahakan buat konten yang dibutuhkan calon pembeli sehingga mereka tertarik untuk membeli. Selain itu, konten harus disesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan juga. 
Beberapa konten yang bisa dibuat di antaranya review, unboxing, tutorial, dan rekomendasi yang bisa Anda kembangkan lebih variatif lagi. Agar pengunjung tidak cepat bosan.
Tidak hanya menarik audiens, mungkin saja brand yang Anda promosikan menggaet Anda untuk melakukan kerja sama lain yang lebih besar.

6. Penempatan Link untuk Mendapatkan Klik

Hanya karena Anda memiliki konten yang bagus bukan berarti orang akan mengklik tautan afiliasi Anda dengan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.
Jika semua tautan afiliasi Anda ada di bagian bawah halaman blog di mana orang jarang men-scroll, Anda akan mendapat sedikit klik. Maka, Anda perlu menyeimbangkan penempatan link dengan beberapa cara lain di bawah ini:
  • Di dalam kata: Jika Anda menulis artikel. Cukup sisipkan link di tengah tulisan untuk beberapa kata agar tidak terjadi spam.
  • Callout: Menggunakan simbol  seperti tombol, tabel, dan gambar membantu menarik perhatian pembaca Anda dan membuat postingan lebih mudah terbaca.
  • Bio: Di dalam bio sosial media biasanya sudah ada kolom tersendiri untuk meletakkan link. Manfaatkan hal tersebut.
  • Deskripsi: Jika Anda menggunakan media YouTube, taruh semua link produk di dalam deskripsi agar mudah terklik.
  • Story: Jika followers Instagram naik mencapai 10K, Anda bisa memakai fitur swipe up di IG story.

7. Dedikasikan Waktu Khusus

Menjadi pebisnis afiliasi sukses perlu meluangkan banyak waktu dan kesabaran. Dari mendaftar hingga memasarkan produk. Pemasar afiliasi membutuhkan upaya berkelanjutan, jadi bersiaplah dan alokasikan waktu reguler untuk mendapatkan pemasukan besar suatu hari nanti.

tidak ada waktu yang sebentar untuk meraih kesuksesan maka dari itu hasil akan menentukan bagaimana tindakan anda lakukan sekarang.

jangan pantang menyerah hanya karna anda tidak berhasil memasarkan produk, terus pelajari dimana kesalahan anda yang membuat konsumen enggan memilih produk anda.

8. Konsisten

Tentang affiliate marketing, jika ingin mendapat hasil maksimal sebagai Affilate Marketer, Anda harus konsisten. Hal yang berat memang. Tantangan akan datang silih berganti. Anda dituntut konsisten membuat konten, mungkin saja Anda ingin menyerah di tengah jalan.
Jangan berpikiran Anda mendapatkan komisi dalam waktu dengan dengan bayaran tinggi. Pikirkan bahwa Anda juga ingin menyebarkan ilmu.
Ini adalah fase yang paling penting. Mereka yang mencoba dan konsisten akhirnya menemukan solusi dan mereka yang tidak bisa konsisten tertinggal dan kehilangan arah. Jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, alih-alih menyerah bangkitlah kembali dan coba cari tahu di mana letak kesalahannya.
Kesimpulan
Menjadi affiliate marketer terbilang cara mendapatkan uang di internet yang tidak membutuhkan modal besar. Namun, membutuhkan pengorbanan waktu dan konsistensi yang diikuti dengan ketelitian memilih niche dan penempatan tautan.
Di artikel ini, Anda telah mendapatkan 8 tips menjadi seorang affiliate marketer yang dapat Anda kembangkan lebih dalam. Semoga membantu ya!

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »